Coklit di Gunungkidul Hapir Rampung, Anda Sudah Didata?

Selasa, 07 Maret 2023 – 20:00 WIB
Coklit di Gunungkidul Hapir Rampung, Anda Sudah Didata? - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Tahapan Pemilu 2024 saat ini sedang berada pada proses pencocokan dan penelitian data pemilih atau coklit.

Di Kabupaten Gungunkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat telah menyelesaikan coklit sekitar 93 persen atau 577.911 pemilih dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu sebanyak 621.410 pemilih.

Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan bahwa tahapan coklit pemilih di daerahnya hampir selesai.

"Data coklit sampai Senin (6/3) sekitar 93 persen. Saat ini, panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih) masih melakukan coklit dan melakukan penyisiran," kata Hani.

Meskipun batas waktu coklit maksimal pada 14 Maret 2023, dia berharap coklit di Gunungkidul rampung 100 persen pada hari Rabu (8/3). Dengan demikian, petugas memiliki waktu relatif panjang untuk mengecek kembali data hasil coklit setidaknya hingga 14 Maret. Apalagi, proses menjadi daftar pemilih tetap (DPT) juga masih panjang.

"Prosesnya juga berjenjang hingga ke pusat," katanya.

Hani mengatakan bahwa masih ada proses perbaikan data dengan melibatkan masyarakat, khususnya memastikan kondisi terkini calon pemilih, seperti ada yang meninggal dunia atau pindah domisili.

Hasil perbaikan, kata dia, akan dijadikan daftar pemilih sementara (DPS). Perbaikan masih dilakukan hingga akhirnya dijadikan DPT.

KPU Gunungkidul hampir menyelesaikan proses pencocokan dan penelitian data pemilih atau coklit. Apakah Anda sudah didatangi petugas?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia