Di Gunungkidul Juga Banyak Data Pemilih Beralamat RT/RW 000

Selasa, 23 Mei 2023 – 10:15 WIB
Di Gunungkidul Juga Banyak Data Pemilih Beralamat RT/RW 000 - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Pelaksanaan Pemilu 2024. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul saat ini sedang menindaklanjuti temuan Badan Pengawas Pemilu Gunungkidul tentang adanya 330 pemilih pada Pemilu 2024 beralamat di Rukun Tetangga (RT) 000 dan Rukun Warga (RW) 000.

Ketua Bawaslu Gunungkidul Tri Asmiyanto mengatakan petugasnya menemukan data alamat RT/RW 000 dalam daftar pemilih sementara berdasarkan proses pencocokan dan penelitian (coklit).

"Hasil dari pencermatan adalah RT/RW 000 di Kartu Tanda Penduduk tertulis 000 dan di Kartu Tanda Penduduk kosongkan," katanya

Ia mengatakan temuan lain pemilih dengan alamat RT/RT 000 diketahui berada di wilayah, tetapi sekarang sudah tidak ada di lokasi tersebut.

"Lingkungan berbasis dusun tersebut tidak mengenal, termasuk di KTP RT/RW tertulis 000," katanya.

Tri Asmiyanto mengatakan personel Bawaslu Gunungkidul terjun langsung ke lapangan untuk memastikan temuan tersebut.

"Kami langsung terjun ke lapangan supaya hak pilih pemilih tetap terjaga karena sudah ada dalam daftar pemilih. Hanya saja elemen alamat pemilih yang tidak lengkap," katanya.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan salah satu penyebab temuan tersebut karena Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Kemendagri yang memang tertulis demikian.

Bawaslu Gunungkidul menemukan data pemilih yang beralamat RT/RW 000. Saat ini sedang ditindaklanjuti oleh KPU setempat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia