Tahapan Krusial dalam Pemungutan Suara Pemilu 2024

Selasa, 13 Februari 2024 – 09:15 WIB
Tahapan Krusial dalam Pemungutan Suara Pemilu 2024 - JPNN.com Jogja
Pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2024 akan dilaksanakan lebih dahulu bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di berbagai negara di luar negeri, termasuk di Jerman. Foto ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Seluruh masyarakat Indonesia akan menggunakan hak pilih Pemilu 2024 di TPS masing-masing pada Rabu, 24 Februari 2024.

Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak masyarakat untuk ikut mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara

Anggota JaDI DIY Nuril Hanafi mengatakan tahapan-tahapan krusial dalam pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara yang perlu diperhatikan adalah tentang penanganan atas kurang atau lebihnya logistik perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara.

"Perlakuan terhadap pemilih tambahan yang tidak prosedural yang dapat menyebabkan pemungutan suara ulang (PSU) maupun pemungutan suara lanjutan (PSL)," kata anggota Bawaslu Bantul periode 2018-2023 itu.

Menurut dia, penentuan keabsahan surat suara harus konsisten sesuai regulasi yang berlaku dan penghitungan suara secara transparan. Penuangan hasil perolehan suara pada berita acara harus cermat dan akurat.

"Memberi kesempatan kepada saksi, pemantau dan masyarakat untuk mendokumentasikan dengan foto maupun video saat penghitungan dan rekapitulasi suara di TPS," katanya.

Koordinator JaDI DIY Muhammad Johan Komara mengatakan upaya masyarakat untuk memantau Pemilu 2024 bisa dilakukan dengan memastikan proses pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku, lancar, adil, dan transparan dan akuntabel.

"Kemudian, memastikan kepatuhan penyelenggara pemilu terhadap aturan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara," katanya.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024. Apa saja?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News