Kejamnya Penyiksaan di Lapas Narkotika Yogyakarta, Dipecut Hingga Dipaksa Makan Muntahan

Selasa, 08 Maret 2022 – 09:01 WIB
Kejamnya Penyiksaan di Lapas Narkotika Yogyakarta, Dipecut Hingga Dipaksa Makan Muntahan - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Penyiksaan di lapas Yogyakarta. Foto: dok.JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah mengumumkan hasil investigasi tentang dugaan penyiksaan terhadap warga binaan di Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta. 

Hasil investigasi Komnas HAM membenarkan bahwa ada praktik kekerasan, penyiksaan, dan perendahan martabat manusia di lapas tersebut. 

Ketua Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Wahyu Pratama Tamba mencatat sembilan tindakan penyiksaan dan kekerasan fisik terhadap warga binaan di lapas tersebut.

Wahyu mengatakan ada praktik pemukulan baik menggunakan tangan kosong maupun menggunakan alat, seperti selang, kabel alat kelamin sapi, dan kayu.

"Pencambukan menggunakan alat pecut dan penggaris, ditendang, dan diinjak-injak dengan menggunakan sepatu PDL," kata Wahyu Pratama.

Selain itu, lanjut dia, Komnas HAM juga mencatat delapan tindakan perlakuan buruk serta merendahkan martabat manusia, mulai dari memakan muntahan makanan, meminum air seni, dan mencuci muka menggunakan air seni, dan pencukuran atau penggundulan rambut dalam posisi telanjang.

Tindakan itu, menurut dia, setidaknya terjadi di 16 titik tempat lokasi, antara lain di Branggang (tempat pemeriksaan pertama saat warga baru masuk lapas), blok isolasi pada kegiatan masa pengenalan lingkungan (mapenaling), lapangan, setiap blok-blok tahanan warga binaan, aula bimbingan kerja (bimker), kolam ikan lele, serta ruang P2U dan lorong-lorong blok.

"Waktu terjadinya penyiksaan, pada saat warga baru masuk dalam lapas dalam kurun waktu 1—2 hari, pada masa pengenalan lingkungan dan saat melakukan pelanggaran," kata dia.

Komnas HAM telah menemukan berbagai indikasikan tindakan penyiksaan di lapas narkotika Yogyakarta. Warga binaan ada yang dipecut, hingga dipaksa makan muntahan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia