Ada Pasien Covid-19 dengan Kodisi Klinis Berbeda, Subvarian Omicron?

Minggu, 31 Juli 2022 – 20:30 WIB
Ada Pasien Covid-19 dengan Kodisi Klinis Berbeda, Subvarian Omicron? - JPNN.com Jogja
Covid-19 subvarian BA. 4. Foto/Ilustrasi swab: Ricardo/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menemukan beberapa pasien Covid-19 yang memiliki kondisi klinis tertentu sehingga diduga sebagai subvarian Omicron.

Sampel beberapa pasien tersebut telah dikirim ke laboratorium untuk diuji dan dipastikan variannya.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Lana Unwanah mengatakan butuh waktu cukup lama untuk mendapatkan hasil laboratorium.

“Dari sampel yang sudah kami kirim, belum bisa dipastikan apakah pasien tersebut terpapar subvarian terbaru atau tidak karena uji membutuhkan waktu yang lama. Harus melalui tes whole genome sequencing (WGS),” katanya, Minggu (31/7).

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan varian yang banyak ditemukan akhir-akhir ini adalah subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 serta muncul subvarian terbaru BA.2.75 dengan fatalitas yang juga rendah.

Lana memastikan bahwa pihaknya siap untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang diduga karena adanya subvarian terbaru.

Ruang perawatan di rumah sakit rujukan dan isolasi terpadu untuk pasien bergejala ringan dipastikan siap merawat pasien.

Selter isolasi di Rusunawa Bener saat ini merawat dua pasien dengan bed occupancy rate rumah sakit kurang dari 10 persen.

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menemukan beberapa pasien yang diduga terpapar subvarian baru Omicron. Sampel sedang diperiksa.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia