Tarif Parkir di Yogyakarta Boleh Naik 5 Kali Lipat, Tetapi...

Senin, 17 April 2023 – 13:54 WIB
Tarif Parkir di Yogyakarta Boleh Naik 5 Kali Lipat, Tetapi... - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Tempat parkir bus pariwisata di Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pada masa libur Lebaran 2023, pengelola tempat khusus parkir (TKP) swasta diizinkan untuk menaikkan tarif parkir hingga lima kali lipat.

Namun, ada ketentuan yang harus dipatuhi oleh pengelola TKP swasta, misalnya memberikan karcis parkir dan informasi tarif yang akan dikenakan.

Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Imanudin Aziz mengatakan informasi tarif parkir wajib disampaikan agar pengguna jasa tempat parkir tahu berapa besaran yang harus mereka bayar.

"Kami sudah menyampaikan ketentuan tersebut kepada pengelola TKP swasta. Mereka wajib menyediakan karcis serta memasang informasi tarif sehingga masyarakat mendapat kejelasan sejak awal,” kata Aziz pada Senin (17/4).

Sejumlah TKP swasta di Kota Yogyakarta di antaranya berada di Jalan Margo Utomo tepatnya di sisi utara dan selatan Hotel Grand Zuri, di Jalan Suprapto atau di sisi utara Hotel Cavinton, dan TKP Spraga yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan.

Menurut Aziz, ketentuan mengenai karcis dan informasi tarif tersebut dilakukan karena TKP swasta dapat menerapkan tarif maksimal lima kali lipat dibanding tarif parkir yang berlaku di TKP yang dikelola pemerintah berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir.

“Ketentuan ini sudah berlaku sejak 2020. Jadi, sebenarnya tidak ada kenaikan tarif parkir saat Lebaran karena memang sudah ada aturannya,” katanya.

Ketentuan tarif di TKP pemerintah maupun swasta juga mengacu pada penghitungan tarif progresif berdasarkan durasi atau lama waktu parkir.

Pemerintah Kota Yogyakarta memperbolehkan pengelola tempat parkir swasta untuk menaikkan tarif hingga lima kali lipat. Akan tetapi, ada ketentuannya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia