Cerita Mahfud MD Soal Panji Gumilang dan Ponpes Al Zaytun

Sabtu, 15 Juli 2023 – 18:20 WIB
Cerita Mahfud MD Soal Panji Gumilang dan Ponpes Al Zaytun - JPNN.com Jogja
Menko Polhukam Mahfud MD . Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pondok pesantren Al Zaytun dan pendirinya Panji Gumilang sedang jadi sorotan publik karena berbagai kontroversi yang ditimbulkannya.

Sejumlah pihak pun mendesak pemerintah untuk menutup Ponpes Al Zaytun dan menjerat Panji Gumilang secara pidana karena dianggap telah melakukan penodaan agama.

Polemik itu direspons oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Dalam kunjungan kerjanya ke DPRD DIY, Mahfud MD bercerita bagaimana Panji Gumilang bisa membangun Ponpes Al Zaytun hingga semegah saat ini.

Menurut Mahfud, fasilitas dan kemegahan yang ada di Ponpes Al Zaytun saat ini tidak terlepas dari peran Pemerintah Orde Baru dan operasi intelijen untuk menggembosi Negara Islam Indonesia (NII).

"Panji Gumilang ini merasa sangat nyaman kemudian melakukan dugaan tindak pidana dan penodaan terhadap agama menurut ukuran orang umum," kata Mahfud pada Sabtu (15/7).

Mahfud menjelaskan bahwa Al Zaytun memiliki akar dari NII Komandemen Wilayah (KW) IX yang bertujuan untuk memecah NII besutan Kartosoewirjo.

Setelah NII berhasil dipecah, kemudian Panji Gumilang yang merupakan bagian dari organisasi itu memisahkan diri dan mendirikan Pondok Pesantren Al Zaytun pada 1996. Sejak saat itu, lanjut Mahfud, pemerintah Orde Baru memberikan dukungan kepada ponpes tersebut.

Menkopolhukam Mahfud MD berkomentar soal Panji Gumilang dan keberadaan Ponpes Al Zaytun yang megah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia