PP Muhammadiyah Tegaskan Komitmen Mendukung Warga Wadas

Kamis, 31 Agustus 2023 – 18:13 WIB
PP Muhammadiyah Tegaskan Komitmen Mendukung Warga Wadas - JPNN.com Jogja
Warga Wadas berkunjung ke kantor PP Muhammadiyah. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menegaskan komitmennya untuk tetap mendukung warga Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah yang menolak penambangan batu andesit untuk pembangunan bendungan Bener.

Perwakilan warga Wadas, LBH Yogyakarta, akademisi dan jaringan masyarakat sipil berkunjung ke kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta pada Kamis siang (31/8).

Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas menegaskan akan terus mendampingi warga Desa Wadas yang terus mengalami intimidasi karena menolak tambang batu andesit di desa mereka.

Menurut Busyro, sudah bertahun-tahun warga Wadas menderita karena memperjuangkan hak mereka mempertahankan tanah agar tidak ditambang oleh pemerintah untuk membangun bendungan Bener.

"Bertahun-tahun warga Wadas mengalami kekerasan politik karena kehendak untuk melanjutkan proyek strategis nasional (PSN) yang mengabaikan prinsip penghormatan dan hak asasi manusia," kata Busyro.

Busyro mengatakan pemerintah telah menunjukkan radikalisme politik dengan memaksa warga Wadas menjual tanah mereka untuk memenuhi bahan baku pembuatan bendungan Bener.

"Kami bersama jaringan masyarakat sipil akan terus bersama warga Wadas yang kehidupannya terancam PSN," ujarnya.

Salah seorang warga Wadas, Talabudin mengatakan mereka saat ini dalam posisi tertekan karena pemerintah memaksa mereka untuk menandatangani kesepakatan ganti rugi.

"Hari ini ada undangan dari BPN (badan pertanahan nasional) yang mengharuskan warga Wadas hadir untuk menandatangani uang ganti rugi," kata dia.

Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas mengatakan mereka akan terus mendukung perjuangan Warga Wadas yang menolak penambangan batu andesit.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News