Pemilik Toko Akan Ikut Mempercantik Lorong Malioboro

Selasa, 15 Februari 2022 – 22:03 WIB
Pemilik Toko Akan Ikut Mempercantik Lorong Malioboro - JPNN.com Jogja
Lorong Malioboro yang ditinggalkan oleh PKL (Foto: Antara)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Setelah pedagang kali lima (PKL) pindah ke Teras Malioboro 1 dan 2, kawasan pedestrian menjadi sangat luas dan lengang.

Koordinator Lapangan Perkumpulan Pengusaha Malioboro-Ahmad Yani (PPMAY) KRT Karyanto Purbohusodo mengatakan bahwa penataan PKL Malioboro memberikan dampak yang baik terhadap kondisi kawasan Malioboro.

Menurut dia, pedestrian terlihat semakin lapang dan pejalan kaki bisa berjalan dengan lebih nyaman.

Kawasan pedestrian tersebut saat ini tampak seperti lorong yang panjang di sisi barat Malioboro.

Selanjutnya, para pemilik toko siap bekerja sama dengan pemerintah Kota Yogyakarta untuk semakin mempercantik jalur pedestrian atau Lorong Malioboro.

"Sudah ada imbauan dari pengurus ke seluruh anggota untuk ikut mempercantik lorong yang ada di depan toko masing-masing. Tentunya, sesuai kemampuan anggota," kata Karyanto, Selasa (15/2).

Menurut dia, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mempercantik lorong toko adalah dengan melakukan pengecatan karena dari pemerintah daerah ada imbauan untuk menggunakan cat putih.

"Saya pun sudah mengecat ulang lorong sekitar dua hari lalu. Pada dasarnya, kami mendukung upaya pemerintah daerah untuk menata Malioboro, tetapi sekali lagi disesuaikan kemampuan pemilik toko," katanya.

Di sepanjang Jalan Malioboro hingga Jalan Ahmad Yani terdapat 220 toko.

Selain mengecat ulang, PPMAY berharap agar pemerintah daerah juga menindaklanjuti penataan pedagang kaki lima (PKL) Malioboro dengan memperbaiki teraso pedestrian dan menata ulang kabel listrik, kabel telepon, atau internet agar lebih tertata serta mengecat ulang zebra cross yang sudah pudar.

"Setelah tidak ada PKL baru terlihat ada teraso dan tegel di pedestrian yang rusak. Harapannya, pemerintah daerah bisa segera memperbaikinya sehingga kondisi Malioboro semakin baik," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan akan segera melakukan pembenahan di kawasan Malioboro agar semakin tertata dengan baik, terlihat bersih dan rapi sehingga wisatawan yang datang akan merasa semakin nyaman.

Salah satu penataan yang akan dilakukan adalah mengecat bangunan di sepanjang Jalan Malioboro dengan warna yang seragam, putih.

"Kebersihan dan keindahan juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari atraksi wisata. Eksotisme Malioboro yang berpadu dengan kebersihan dan keindahan tentu menjadikan kawasan ini semakin menarik dikunjungi," kata Haryadi beberapa hari yang lalu. (Ant/mar3/jpnn)

Pengusaha atau pemilik toko di kawasan Malioboro siap bekerja sama dengan Pemkot Yogyakarta untuk mempercantik kawasan tersebut.

Redaktur & Reporter : Januardi Husin

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia