Anggota PPS Pemilu 2024 Sudah Mulai Bekerja, 2 Tugas Ini Mendesak Diselesaikan

Selasa, 24 Januari 2023 – 17:15 WIB
Anggota PPS Pemilu 2024 Sudah Mulai Bekerja, 2 Tugas Ini Mendesak Diselesaikan - JPNN.com Jogja
Pelantikan anggota PPS Kota Yogyakarta . Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di Kota Yogyakarta untuk langsung bekerja seusai dilantik pada Selasa (24/1).

Total ada 135 anggota PPS Pemilu 2024 di 45 kelurahan Kota Yogyakarta yang dilantik hari ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY Hamdan Kurniawan mengatakan anggota PPS harus segera menyelesaikan dua tahapan terdekat dalam proses Pemilu 2024.

Kedua tahapan Pemilu 2024 tersebut adalah membantu melakukan verifikasi faktual pendukung bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang akan dimulai pada awal Februari 2023 dan merekrut panitia pemutakhiran daftar pemilih (pantarlih).

KPU DIY menerima pendaftaran sembilan bakal calon anggota DPD RI. Saat ini dokumen pendaftaran para calon itu sedang diverifikasi.

Jika dari hasil verifikasi administrasi tersebut seluruh bakal calon memenuhi syarat minimal 2.000 pendukung yang tersebar minimal tiga kota/kabupaten di DIY, bisa mengikuti verifikasi faktual pendukung.

"Akan tetapi, jika dari hasil verifikasi terakhir ada bakal calon dengan jumlah dukungan kurang dari 2.000 suara, ia tidak bisa melanjutkan ke proses verifikasi faktual pendukung," katanya.

KPU DIY akan melakukan sampling terhadap pendukung bakal calon anggota DPD RI untuk proses verifikasi faktual.

KPU DIY meminta PPS Kota Yogyakarta untuk segera bertugas dan menyelesaikan dua tahapan dalam proses Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News