Utak-atik Pasal Defamasi UU ITE, Delik Bermasalah yang Enggan Dihapus

Minggu, 15 Oktober 2023 – 21:34 WIB
Utak-atik Pasal Defamasi UU ITE, Delik Bermasalah yang Enggan Dihapus - JPNN.com Jogja
Rapat Dengar Pendapat UU ITE di Komis I DPR RI. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Purwoko tidak menyangka bahwa unggahannya di aplikasi WhatsApp bakal berujung pada pelaporan dengan pasal pencemaran nama baik menggunakan Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). 

Purwoko dilaporkan oleh Silvia Devi Soembarto ke Polresta Banyumas menggunakan pasal 27 ayat (3) UU ITE. Silvia adalah pengacara keluarga Oki Kristodiawan, korban yang meninggal pada 2 Juni 2023 saat masih menjadi tahanan Polresta Banyumas. Purwoko sendiri adalah adik sepupu Oki.

Di tengah proses pengungkapan kasus kematian Oki, hubungan Purwoko dan Silvia merenggang. Purwoko bahkan masih tak percaya bahwa Silvia tega melaporkannya kepada polisi.

Saat kasus kematian Oki mulai terang, Purwoko harus menerima kenyataan bahwa dia kini terancam pidana pencemaran nama baik. 

Cerita itu bermula saat Oki ditangkap polisi pada 17 Mei 2023 karena diduga terlibat dalam aksi pencurian sepeda motor. Dia sempat ditahan di Polsek Baturraden.

Pada Jumat, 2 Juni 2023, keluarga Oki mendapat kabar bahwa Oki sedang kritis di RSUD Margono Soekarjo, Banyumas. Tidak lama berselang, Oki meninggal dunia. Polisi saat itu mengeklaim bahwa Oki meninggal karena dianiaya oleh tahanan lainnya.  

Purwoko mengatakan pihak keluarga diminta untuk langsung memakamkan jenazah Oki, tetapi mereka menolak dan memaksa agar almarhum disemayamkan ke rumah duka terlebih dahulu.  

“Saya ingin melihat jenazah, tetapi tidak diizinkan. Kami diminta untuk langsung menguburkan almarhum Oki. Saya memaksa agar adik kami dibawa ke rumah duka,” kata Purwoko di Yogyakarta pada Jumat (25/8).

Pasal-pasal bermasalah di UU ITE saat ini sedang direvisi oleh pemerintah dan DPR. Delik defamasi yang jadi momok kebebasan berekspresi diminta diapus.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia