Muhammadiyah Beri Kebebasan Kadernya jadi Timses dan Caleg

Jumat, 17 November 2023 – 15:28 WIB
Muhammadiyah Beri Kebebasan Kadernya jadi Timses dan Caleg - JPNN.com Jogja
Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti (dua kanan) memberikan keterangan di Kampus UAD 4 pada Jumat (17/11). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com - YOGYAKARTA - Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan pimpinan atau anggota Muhammadiyah boleh saja masuk ke dalam tim sukses capres-cawapres dan juga maju sebagai calon legislatif. 

Abdul Mu'ti menegaskan kedua hal tersebut sudah termaktub dalam kebijakan PP Muhammadiyah. 

Dia menjelaskan, bila ada anggota yang menjadi tim sukses bakal dinonaktifkan jabatannya dari organisasi untuk sementara waktu. 

"Jadi, kalau ada rektor yang menjadi tim sukses, mereka nonaktif dari jabatannya," kata Abdul Mu'ti pada Jumat (17/11).

Kemudian, untuk anggota yang maju di pemilihan legislatif, jika terpilih akan diberikan kebebasan untuk menentukan pilihannya.

"Mereka diberikan kebebasan, apakah kembali menjadi pimpinan perserikatan atau mereka aktif penuh menjadi anggota legislatif," ujarnya.

Cendekiawan Islam yang menjabat Sekum PP Muhammadiyah periode 2022-2027 itu lalu menegaskan, secara organisasi Muhammadiyah netral dalam pesta demokrasi.

Sikap PP Muhammadiyah terkait Pemilu 2024 tersebut merupakan hasil konsolidasi nasional pada 16 November 2023. (mcr25/jpnn)

Sikap PP Muhammadiyah tersebut merupakan hasil konsolidasi nasional pada 16 November 2023.

Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News