Bakar Ogoh-Ogoh di Kantor KPU, Seniman Jogja Sampaikan Sejumlah Keresahan

Kamis, 07 Desember 2023 – 16:50 WIB
Bakar Ogoh-Ogoh di Kantor KPU, Seniman Jogja Sampaikan Sejumlah Keresahan - JPNN.com Jogja
Kelompok seniman Jogja Patembayan Nusantara menggelar aksi dengan membakar ogoh-ogoh di kantor KPU DIY pada Kamis (7/12). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sejumlah seniman Jogja yang tergabung dalam Patembayan Nusantara menggelar aksi di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Kamis (7/12).

Aksi tersebut diawali dengan pertunjukan tarian dan diakhiri dengan membakar ogoh-ogoh.

Koordinator aksi Agus Becak Sundandar mengatakan bahwa ia akhir-akhir ini dibikin resah oleh penyelenggaraan pemilu tersebut. 

"Wacana akhir-akhir ini bahwa KPU sangat dengan mudah mengubah aturan-aturan yang sudah ada. Seperti mengubah debat cawapres, kemudian direvisi lagi. Ada debat khusus cawapres, tetapi didampingi capres," kata Agus.

Bukan hanya itu saja, Agus turut menyoroti isu di negara Hong Hong yang melarang adanya Tempat Pemungutan Suara (TPS) di ruang publik.

Menurutnya, kendala tersebut akan merugikan warga negara Indonesia yang berada di Hong Kong.

Selanjutnya, Patembayan Nusantara juga memberikan masukan agar dalam penyelenggaraan debat pemilu ada unsur kebudayaan dan seni yang dijadikan materi nantinya. 

Lebih lanjut, Agus dan rekan-rekannya berharap KPU dalam menjalankan tugasnya nanti bebas dari intervensi dan berkomitmen tidak mendukung salah satu pasangan calon presiden. (mcr25/jpnn)

Kelompok seniman Jogja yang tergabung dalam Patembayan Nusantara menggelar aksi di kantor KPU DIY. Apa yang mereka resahkan?

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia