Beratnya Jadi Nakes di Era Omicron, Kontak Erat Pun Harus Tetap Kerja

Jumat, 04 Maret 2022 – 17:15 WIB
Beratnya Jadi Nakes di Era Omicron, Kontak Erat Pun Harus Tetap Kerja - JPNN.com Jogja
Penambahan kasus Covid-19 di Gunungkidul. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Tenaga kesehatan (nakes) adalah orang-orang yang berada di garda terdepan penanganan pasien Covid-19.

Mereka harus bekerja lebih keras saat kasus Covid-19 sedang tinggi-tingginya seperti saat ini. 

Bukan hanya itu, mengingat banyaknya nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19, mereka yang hanya sekedar kontak erat tidak diperkenankan libur untuk karantina mandiri. 

Hal itu yang terjadi dengan nakes di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), harus tetap bekerja di pusat kesehatan meskipun mereka terdeteksi kontak erat dengan pasien Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Rahardjo mengatakan tidak sedikit tenaga kesehatan yang memiliki riwayat kontak erat karena rekan mereka sesama nakes ternyata positif terpapar Covid-19.

"Sesuai surat Dirjen Kemenkes kami gunakan pola kontingensi yang tetap mempekerjakan teman-teman nakes meskipun dia kontak erat," katanya.

Meskipun demikian, kata dia, keputusan tetap mempekerjakan nakes dengan beberapa poin pilihan. 

Misalnya, nakes yang bersangkutan sudah vaksinasi penguat atau booster, di hari kedua dilakukan tes usap antigen dan hasilnya negatif, langsung masuk kerja.

Tenaga kesehatan atau nakes yang bekerja di era Covid-19 varian Omicron tak diberi libur jika hanya kontak erat dengan pasien Covid-19.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia