Di Malioboro Ada Jogoboro, Apa Tugasnya Selama Libur Lebaran?

Sabtu, 23 April 2022 – 22:55 WIB
Di Malioboro Ada Jogoboro, Apa Tugasnya Selama Libur Lebaran? - JPNN.com Jogja
Petugas Jogoboro di Malioboro. FOTO ANTARA/Eka AR

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta ada petugas keamanan atau Jogoboro yang biasanya melayani wisatawan saat liburan.

Jogoboro akan memantau setiap kegiatan wisatawan di Malioboro, memastikan kawasan tersebut tetap aman terkendali, bahkan menjadi tempat bertanya dan mengadu bagi wisatawan.

Pada musim libur panjang Lebaran tahun ini, Pemerintah Kota Yogyakarta akan memberi tambahan tugas bagi Jogoboro, yaitu memastikan protokol kesehatan tetap ditaati oleh wisatawan.

“Selain membantu pengamanan, menerima aduan, dan memberikan informasi kepada wisatawan, Jogoboro juga bisa bertindak sebagai gugus tugas untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Sabtu (23/4).

Heroe memastikan bahwa wisatawan yang berkunjung ke Malioboro wajib mematuhi protokol kesehatan meskipun ada sejumlah kelonggaran karena PPKM di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah level 2.

“Tambahan kasus harian Covid-19 memang sudah sangat turun. Namun, masyarakat tetap perlu berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan agar libur Lebaran tetap aman, nyaman, dan sehat,” katanya.

Jika wisatawan tidak mematuhi aturan protokol kesehatan, kata Heroe, Pemkot Yogyakarta tidak segan-segan untuk membatasi jumlah pengunjung atau mengambil tindakan pembatasan kegiatan masyarakat.

“Nanti juga akan ada tim dari Dinas Pariwisata yang berkeliling ke sejumlah destinasi wisata untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan,” kata Heroe yang juga menjadi Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Yogyakarta itu.

Pemkot Yogyakarta akan memberi tugas tambahan bagi Jogoboro saat libur panjang Lebaran. Wisatawan wajib tahu.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News